Content Marketing adalah Faktor Utama Strategi SEO

Content Marketing adalah Faktor Utama Strategi SEO

Faktor Utama Strategi SEO

Pada panduan kali ini anda akan mempelajari suatu hal terpenting dalam strategi SEO.

Content Marketing/pemasaran konten
SEO maupun konten merupakan hal terpenting dalam dunia blogger. Apabila ke dua hal tersebut tidak berpadu, maka hasilnya pun sudah bisa dipastikan website anda tidak akan maksimal.

Anda akan memiliki pemikiran seperti halnya seorang marketer content setelah membaca panduan ini hehe..

Apa content marketing itu?
Suatu usaha pemasaran untuk mengenalkan bisnis anda ke orang lain dengan cara memberikan konten yang memiliki manfaat, itulah yang disebut dengan content marketing. Tekhnik yang satu ini sebenarnya sudah sangat populer.
Lihat saja perkembangannya dari grafik ini:
Faktor Utama Strategi SEO

Panduan ini hanya membahas singkat mengenai SEO dan Content Marketing yang mempunyai keterkaitan.
Mungkin istilah yang satu ini terkenal baru, akan tetapi cara yang digunakan merupakan cara lama (hanya istilahnya saja yang baru).

Contoh :
konten yang menjelaskan pola latihan, makan dan pengembangan otot oleh sebuah produk (suplemen fitness).
Dengan itu orang-orang yang mencari info mengenai konten tersebut akan diarahkan pada website produk suplemen.

Nah, anda bisa lihat sedikit hubungan terhadap SEO dan Content Marketing. Seorang content marketing (CO) membutuhkan pengetahuan tentang SEO, hal itu berfungsi agar konten tersebut bertengker di peringkat terbaik di search engine.

Begitu pula sebaliknya.
"SEO modern = Content Marketing (CO) + SEO"

Sudah sejak dulu, SEO sangat digandrungi oleh para blogger agar kontennya bisa berada di posisi teratas di Google. Beberapa carapun mereka tempuh, seperti : backlink, keyword dan juga social signal.

Kunci SEO pada saat ini dan untuk masa depan bisa diketahui dari sini. website, Google dan pengguna ingin mendapatkan informasi secepat mungkin dan tentunya relevan.

Agar pengguna merasa puas, Google akan tempatkan informasi yang paling akurat di posisi teratas.
Untuk mendapatkan posisi teratas berarti anda harus menyedia informasi terbaik. Itulah sebabnya kenapa konten disebut-sebut sebagai "raja" pada dunia blogger.

"Konten terbaik yaitu konten yang memiliki kualitas".
Untuk mendapatkan hal itu, para praktisi SEO diharuskan belajar mengenai content marketing.
Jadi intinya SEO dan juga content marketing memiliki hubungan penting.

Faktor Utama Strategi SEO


Posisi SEO di dalam (DM) Digital Marketing

Hal yang harus dilakukan yaitu fokus pada pembuatan konten.
Perlu anda ingat!
tidak semua konten itu baik untuk SEO. Jika konten yang anda buat asal-asalan,itu percuma saja. Karena SDM tidak akan membaca konten yang tidak memiliki kualitas, begitu juga dengan Google.

Nah untuk itu anda perlu memperhatikan hal berikut ini:
1. Utamakan kualitas konten
Google tidak akan menempatkan konten yang mempunyai kualitas rendah di posisi teratas mesin pencari, kecuali konten tersebut tidak memiliki saingan sama sekali.

Dengan kata lain, jika di website anda terdapat banyak konten yang memiliki kualitas rendah, maka secara keseluruhan kualitas website anda akan terlihat rendah.

2. Kuantitas konten
Untuk hal yang satu ini memang agak sulit, karena semakin sering menerbitkan konten maka semakin sulit juga anda mempertahankan kualitas konten.

Tidak bisa dipungkiri, konten itu memang sangat penting. Akan tetapi jangan hanya ingin memiliki banyak konten, pastikan juga konten yang anda buat tidak sama dengan website lain, dan yang paling penting pastikan konten yang anda miliki memiliki nilai yang lebih tinggi.

3. Google menilai halaman bukan menilai website
Google tidak akan peduli, anda mempunyai 1 atau bahkan 100 halaman. Sesuatu yang menjadi sasaran Google adalah konten. Jika anda memiliki konten terbaik sudah bisa dipastikan anda akan sukses.

Mengenai jumlah halaman yang anda miliki itu tidak berpengaruh di mata Google.
Nah jika anda memiliki banyak halaman, dan halaman tersebut membahas keyword serupa, maka istilahnya anda akan bersaing dengan diri anda sendiri.

Perlu anda tau dari beberapa tinjauan, Google menampilkan hanya satu halaman dari satu website.
Jadi sebaiknya anda membuat satu konten berkualitas dari pada membuat banyak konten tetapi memiliki topik serupa.

4. Tidak cukup dengan konten yang berkualitas
Memang benar konten merupakan raja disini, tetapi perlu anda ingat "Google itu robot".
Google hanya bisa menampilkan/menentukan artikel yang relevan, tetapi Google tidak bisa menentukan artikel mana yang memiliki kualitas.

Nah dengan begitu Google membutuhkan faktor dari luar, yaitu : "Kepuasan Pembaca".
Hal yang harus anda lakukan setelah membuat dan menerbitkan konten yaitu anda harus memberitahukan kepada orang lain mengenai keberadaan konten tersebut.

Cara-cara mempromosikan konten bisa anda lihat di panduan selanjutnya.

5. Keyword
Kebanyakan content marketer lupa dengan hal ini. Padahal sudah jelas keyword sangat penting dalam dunia SEO.
Terdapat 3 kesalahan dalam penggunaan kata kunci (keyword) untuk konten:

  • Kata kunci (keyword) umum : anda mengincar keyword yang terlalu umum, tanpa memperdulikan search intent (tujuan pencarian).
  • Kata kunci (keyword) stuffing : memasukan keyword di satu halaman secara berulang-ulang. Anda berharap agar konten ini relevan dengan cara seperti itu, padahal semua itu salah dan bahkan akan berakibat fatal. Anda juga perlu tau moto dari Google yaitu "kesederhanaan".
  • Persaingan internal : satu website pada umumnya hanya akan memunculkan satu halaman di hasil pencarian. Jika anda mengincar kata kunci serupa di konten berbeda, anda hanya akan melakukan persaingan dengan konten anda sendiri. Untuk itu sebaiknya anda melakukan diversifikasi kata kunci untuk tiap halaman. Terkecuali anda paham akan search intent.

Tapi ingat!
Google tidak akan menampilkan kata kunci pada artikel.
Maksudnya begini.
Anda memasukan kata kunci "beli jam tangan". Sudah pasti yang akan tampil pertama yaitu website yang menawarkan produk jam tangan. Bukan artikel mengenai jam tangan, iya kan?

Nah anda harus berhati-hati memilih kata kunci, sepertinya cukup sulit menggunakan kata kunci seperti "beli jam tangan" yang muncul artikel anda.
Benar tidak he..he..

Panduan kali ini cukup sampai disini saja, baca panduan selanjutnya mengenai SEO off-page, di panduan tersebut akan dibahas lebih lanjut mengenai marketing yang berhubungan dengan SEO.

Wasalam.