Analisa Kompetisi dan Riset Keyword Research (kata kunci)

Analisa Kompetisi dan Riset Keyword Research (kata kunci)

riset keyword research

Di sini saya akan menjelaskan mengenai analisa kompetisi dan riset keyword. Mesin pencari akan memberikan sebuah hasil yang paling relevan dengan keyword yang user masukan.

Anda dapat melakukan riset keyword agar mendapat kata kunci populer/memiliki kompetisi rendah dengan bantuan Google tool.


Seberapa Penting Riset Keyword


Sebelumnya saya tidak pernah melakukan riset keyword terlebih dahulu, padahal artikel yang saya buat berada di urutan paling atas, timbul pertanyaan : kenapa saya tidak mendapat traffic?

Setelah melakukan beberapa pencarian di blog rekan-rekan saya, ternyata keyword/kata kunci yang saya buat tidak ada user yang mencarinya.

Jadi melakukan keyword/kata kunci itu sangat penting, percuma jugakan jika anda membuat artikel tanpa ada seorangpun yang membacanya. hehe..


Analaisa Kompetisi


Nah tetapi untuk blogger pemula, alangkah baiknya anda memilih kata kunci yang mempunyai tingkat persaingan yang rendah, karen istilahnya SEO yang menjadi dasar pondasi anda belum kuat.

Panduan yang satu ini hanya membahas mengenai perkenalan kata kunci/keyword. Jika anda ingin memperdalam lagi silahkan anda buka Bab 5 yang besi panduan khusus kata kunci.

Riset kata kunci menggunakan Keyword Planner

Nah untuk melihat kata kunci apa yang sedang populer sebaiknya anda menggunakan Google Keyword Planner. Selain milik Google, tool ini gratis dan memiliki fitur yang sangat lengkap.
riset keyword research-tampilan utama
Cara Riset Keyword

  • Masukan keyword yang anda inginkan, untuk menambahkan kata kunci bisa menggunakan koma (,).
  • Mengatur negara yang menjadi target anda
  • Memilih bahasa
  • dan setelah itu klik Get Ideas


Setelah itu anda akan mengarah ke halaman berikutnya.
riset keyword research-tampilan berikutnya
Sebagai contoh anda bisa lihat 320 orang mencari menggunakan kata kunci "beli baju" dalam sebulan. Setelah saya menggantinya "jual baju" hasilnya 1900.
Kesimpulannya : kata kunci yang lebih banyak digunakan yaitu "jual baju" dibandingkan "beli baju".

Dengan itu manfaatkan on-page SEO dan anda bisa optimasikan halaman website anda menggunakan kata kunci "jual baju" dari pada "beli baju".

Inilah dasar riset keyword, sebagai blogger pemula sebaiknya cari kata kunci dengan persaingan yang rendah. Karena anda pasti belum memiliki SEO yang kuat, sehingga kalah dalam bersaing dengan website lain (yang setidaknya lebih mengetahui lebih dalam tentang SEO .

Long tail keyword

atau istilah lainnya kata kunci panjang.

Google Keyword Planner juga akan menampilkan kata kunci yang memiliki persamaan (sejenis). Contohnya saja seperti gambar yang tadi, kata kunci yang ditampilkan ada beragam.

Google keyword planner selain menampilkan kata kunci, GKP menampilkan kata kunci yang hampir sama/sejenis.

Ambil saja contoh di atas:
keyword baju baru, kata kunci sejenis yang muncul lainnya ada (beli baju online), (jual beli baju) dan lain sebagainya.

Bisa anda lihat kata kunci "beoi baju" hanya 320 kali dicari dalam sebulan. Tetapi "beli baju online" mencapai 1300. Untuk keputusan akhirnya anda sendiri yang memutuskan akan memilih kata kunci yang mana.

Tetapi jika website yang anda miliki berupa e-commerce/toko online, sebaiknya anda menggunakan kata kunci panjang, karena menurut survei, orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci yang panjang biasanya mempunyai niat yang tinggi untuk melakukan pembelian.

Terakhir, kalau website anda berupa toko online (e-commerce) atau dimonetisasi dengan produk afiliasi, long tail keyword biasanya memberikan conversion rate lebih besar daripada keyword biasa. Ini karena orang yang menggunakan long tail biasanya niat membelinya lebih tinggi.

Cukup sekian dari panduan analisa kompetisi dan riset keyword research (kata kunci), semoga bermanfaat.
Sukses !

wasalam.