Langkah Awal Jadi Blogger Untuk Mendapatkan Uang

Langkah Awal Jadi Blogger Untuk Mendapatkan Uang 

Langkah awal jadi blogger untuk mendapatkan uang - Pertanyaan-pertanyaan berikut ini sering dilontarkan oleh para blogger. Sebenarnya cukup membingunkan juga untuk menjawabnya, karena untuk menjawabnya tidak akan cukup jika dengan beberapa kalimat saja.

Inilah alasan saya membuat artikel yang satu ini. Saya akan membagikan sedikit pengalaman saya mengenai hal-hal berikut ini.

Begitu banyak sekali pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para blogger, contohnya ini.

Bos, ajarin saya jadi blogger dong!

Bos, cara jadi blogger tuh gimana?

Bos, kalau saya ingin menjadi blogger,harus mulai dari mana?

Bos, apa saja sih yang dilakukan untuk jadi  blogger?

Daftar Isi :

1 Blog itu sebenarnya apa?
2 Kenapa anda memutuskan menjadi blogger?
3 Bila ingin menjadi seorang blogger, hal pertama yang harus dilakukan?
4 Bagi blogger pemula, kesalahan apa yang sering dibuat dan mereka tidak ketahui?
5 Sebuah blog perlu perkembangan, apa yang harus dilakukan?
6 Blog anda sebagai sumber penghasilan
7 Kesimpulan

Artikel ini adalah hasil dari setahun saya mulai belajar dunia blogger, meskipun masih banyak kekurangan, tapi tidak ada salahnyakan berbagi pengalaman :D

Berikut ini ada beberapa hal yang wajib anda ketahui sebagai blogger.

Blog itu sebenarnya apa?
Jika anda masih newbie dalam dunia blogger ini, pasti terdapat sebuah pertannyaan. Blog itu sebenarnya apa?

Jika anda menginginkan informasi DETAIL blog itu apa, lebih baik cari di internet, banyak sekali konten-konten yang membahas blog itu apa.

Tetapi jika anda ingin mengetahui secara singkat (tetapi lengkap) disini nih tempatnya :D
Ini adalah ringkasan lengkap tentang apa blog itu.

1. Sebagai salah satu dari jenis website  di Internet

jenis-jenis website di internet:
Liputan6.com, news dll (situs berita)Fb, twitter dll (situs sosial media)Google, Opera mini, bing, yahoo dll (situs mesin pencari)blogger indonesia, kaskus dll (situs forum)
blibli, tokobagus, lazada dll (situs toko online)

DUPLICATE-UANG (situs blog) dan masih banyak lagi yang lainnya


Website dengan Blog bedanya apa?

Perbedaan Blog dengan Website itu sangat banyak.
Fungsi dari blog itu sendiri adalah sesuatu yang paling menonjol tentang perbedaan website dengan blog.

Blog sebenarnya berfungsi untuk mempermudah seseorang menuliskan sebuah catatan tentang info pribadi di situs internet.

Akan tetapi sekarang blog sudah banyak sekali memiliki berbagai fungsi. Selain dari tempat menulis sebuah catatan diri sendiri, blog juga berfungsi sebagai tempat berbagi (opini, informasi dan bisnis).

Kenapa Jadi Blogger?



Sekarang anda pasti bertanya!

"Apa yang didapatkan bila jadi seorang Blogger?

Nih saya berikan sebuah informasi tentang hasil yang di dapat ketika anda menjadi blogger.

1. Anda akan jadi seorang penulis yang hebat

Awal kali mengenal dunia blog memang sangat membingungkan. Harus mulai menulis dari mana?
Tapi perlahan-lahan saya bisa menulis. Meskipun hasilnya sangat standar, tapi bagi saya itu sesuatu hal yang sangat perlu dibanggakan ha.ha..

Nah jika anda adalah orang yang sangat hobi sekali menulis, maka dari itu saya yakin jika anda mulai  menjadi blogger kemampuan menulis anda akan terus meningkat dan tidak hanya itu mungkin anda bisa jadi seorang penulis hebat.

2. Memberikan bantuan kepada orang lain

Dengan jadi blogger anda dapat membantu orang di sekeliling anda (dalam dunia maya), memberikan tips-tips yang berguna untuk orang banyak.
Manfaat untuk diri sendiri pun sangat banyak.
Anda sudah pasti tau keuntungan jadi seorang bloggerkan? :D


Tidak ada lagi suatu hal yang lebih mengembirakan dari jadi blogger selain anda bisa membantu orang lain.

Langkah Awal Jadi Blogger

3. Bangun Sebuah Kepercayaan 

Ketika orang lain merasa terbantu dengan adanya blog kita, pasti orang tersebut akan terus berkunjung ke blog kita. Jadi mereka percaya dengan hasil dan bukti yang telah terlihat.

Apa Penting kepercayaan?

Saya begitu yakin anda tau jika dunia online itu semakin berkembang dari hari ke hari. Pengguna internet di setiap harinya terus bertambah banyak dan semakin hari banyak orang yang memulai mengembangkan bisnis yang mereka kelola ke dunia internet.

Salah satu metode suksesnya bisnis online itu adalah kepercayaan. Blog merupakan tempat yang paling tepat untuk membangun sebuah kepercayaan itu.

4. Membangun Sebuah Jaringan

Manfaat lainnya adalah anda bisa dengan sangat mudah membangun sebuah jaringan melalui sebuah blog. Jika blog anda secara konsisten terus diisi dengan tulisan yang sangat bermanfaat dan sesuai keahlian anda, maka pembaca akan semakin bertambah banyak untuk mengunjungi blog anda.

Jika anda sudah mempunyai kepercayaan dan anda juga mempunyai jaringan luas di dunia internet, maka anda akan sangat mudah sekali untuk mengembangkan bisnis anda di dunia internet.

5. Sebagai Sumber Penghasilan

Terakhir tentu saja blog juga bisa jadi sumber penghasilan. Caranya?
Lihat terus di bawah :D

6. Banyak lagi…


Harus memulai dari mana bila anda inging menjadi seorang blogger?

Langkah Awal Jadi Blogger


Mulai ngeblog itu  sangat mudah, tetapi kebanyakan orang masih saja bingung.

1. Menentukan tujuan
Apakah tujuan itu penting? Penting sekali. Jika tidak memiliki sebuah tujuan maka blog kita akan tidak jelas kearah mana tujuannya, nanti kita tidak akan konsisten dalam mengurusi blog kita.

Jadi blogger itu membutuhkan waktu, pikiran dan tenaga. Jangan sampai semua itu terbuang percuma karena anda tidak memiliki sebuah tujuan jelas.

2. Mentukan sebuah topik
Pilihlah sebuah topik yang anda minati sesuaikan dengan keahlian atau hobi anda. Jika anda memilih sebuah topik yang anda sendiri tidak suka, tentu saja blog anda tidak akan mampu bertahan lama.

3. Memilih layanan Blogger
Untuk blog banyak sekali sebuah layanan yang bisa digunakan. Contohnya seperti WordPress.com, Blogger.com dan lain-lain. Semua layanan itu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tepati menurut pendapat saya Blogger adalah pilihan yang paling tepat untuk anda. Selain layanan ini gratis, Blogger mudah sekali digunakan untuk para pemula (khususnya saya juga :D)



4. Memulai menulis konten
Jika anda telah memiliki blog yang paling terpenting adalah mengisi blog anda dengan artikel-artikel.
Tulis artikel yang sesuai dengan topik yang sebelumnya telah di tentukan.

5. Percantik blog anda
Sebenarnya untuk blogger pemula tidak terlalu penting untuk mempercantik blog anda, tetapi asalkan tidak berlebihan itu tidak ada salahnya.

Gantilah tampilan blog anda dengan template yang agak bagus, pasang widget-widget untuk mempermudah para pengunjung.
Tapi yang perlu di ingat !
Janga terlalu berlebihan, karena banyak para blogger pemula yang sampai ketagihan mengunta-ganti template dan akhirnya hanya membuang banyak waktu anda.

Bagi blogger pemula, kesalahan apa yang sering dibuat dan mereka tidak ketahui?


Langkah Awal Jadi Blogger


Setelah anda mengetahui bagaimana memulai jadi seorang blogger, maka anda juga sebaiknya menyimak kesalahan apa yang sering dibuat oleh blogger pemula.
Anda perlu mengetahuinya agar tidak mengalami kesalahan hal yang serupa.

1. Terlalu over dengan tampilan blog

Seperti yang sebelumnya sudah saya tuliskan di atas, hal yang selalu dilakukan oleh blogger pemula yaitu sering mengganti template. Mereka terlalu over dengan tampilan blog (mengunta-ganti template, memasang/mencopot widget) dll.

Mempunyai tampilan blog bagus itu memang keren, tapi blog akan menjadi terkenal bukan dari tampilan blog anda, melainkan dari isi artikel/ konten yang anda buat.

2. Mementingkan sebuah kuantitas dari pada kualitas
Para blogger awam biasanya selalu berlomba mengisi blognya dengan banyak sekali tulisan (artikel), hal itu dibuat dengan harapan dapat menarik cepat para pengunjung (tanpa peduli apakah artikelnya hasil tulisan sendiri atau hasil copy dari blogger lain.

3. Banyak teori tapi minim praktek
Banyak teori seperti teman saya (si Juy) ha..ha..
Biasanya blogger pemula mempunyai keingintahuan yang sangat besar. Terlalu banyak mencari informasi dan akhirnya bingung teori mana yang harus dilakukan. Nah, untuk anda lebih baik minim informasi tetapi dipraktekan dari pada banyak info tapi tidak dilakukan (praktekan).

4. Tidak konsisten 
Awal pembuatan blog anda sangat sering update  (bahkan setiap hari), tapi setelah beberapa hari ke depan blog anda terbengkalai (sama sekali tidak tersentuh). Memang benar update blog secara rutin sangatlah bagus, tetapi jauh lebih bagus/penting lagi jika anda konsisten.

5. Membahas terlalu banyak topik (Gado-Gado)

Sering terlontak pertanyaan apakah masalah jika membahas dengan banyak topik? tidak sama sekali. Tetapi blog anda akan sulit sekali berkembang, tidak mempunyai keunikan, tidak memiliki ciri khas dan yang pasti akan sulit mendapat pembaca setia.

6. Terlalu terobsesi dengan statistik blog
Blogger pemula tidak dipungkiri lagi bahwa mereka sering melihat/cek jumlah pengunjung, pagerank, rangking alexa dan lain sebagainya. Bahkan bisa ratusan sekali dalam jangka waktu sehari :D
Padahal hal itu hanya membuang-buang waktu saja, jumlah penjunjung di blog anda tidak anda meningkat meskipun sering melihat statistik blog haha..

7. Membuat banyak blog
Untuk yang sudah pengalaman memang tidak masalah jika memiliki banyak blog. Bahkan bagi para blogger pengalaman mempunyai puluhan blog tidak masalah buat dia. Tetapi khusus untuk para pemula lebih baik tidak membuat banyak blog, karena anda akan tidak fokus, sehingga tidak ada satu blog pun yang sukses.

Meskipun anda bukan pemula lagi saya rasa dengan mengelola terlalu banyak blog tidaklah menjadi sebuah keharusan. Tetapi semua tergantung anda, jika anda yakin dan mampu dapat mengelolanya itu justru bagus, Anda akan mendapat penghasilan ganda :D

8. Sangat berambisi mendapat uang dengan cepat
Sudah menjadi rahasia umum banyak sekali blogger yang mulai ngeblog ingin mendapatkan uang sebagai faktor utamanya. Mereka menganggap jika membuat blog dan mendulang uang bisa dilakukan hanya dalam waktu beberapa hari. Padahal itu salah, butuh konsistensi, usaha dan juga waktu.


9. Tidak memaksimalkan mesin pencari Google
Dengan menggunakan mesin pencari Google, bukan hanya blog, hal lainpun bisa ditemukan di google. Nah, jadi kalau begitu manfaatkan Google sebaik mungkin untuk memandu anda belajar dunia blogger.

Sebuah blog perlu perkembangan, apa yang harus dilakukan?


Langkah Awal Jadi Blogger
Jika anda sudah memiliki blog dan konten di dalamnya, tentu saja selanjutnya anda ingin memiliki banyak visitor atau pengunjung. Nah, untuk lengkapnya anda sebaiknya baca juga cara meningkatkan jumlah visitor di blog

Untuk mendapatkan hal tersebut mulailah melakukan promosi, dan yang pasti gunakan ilmu SEO dan lain sebagainya.


1. Fokuslah pada konten
Sampai kapanpun konten adalah raja dari blogger, konten adalah faktor utama yang menjadi kesuksesan blog. Konten yang berkualitas itu seperti apa?


Dicari oleh para pembaca/pengujung dunia maya
Berbeda, unik dan yang pasti original
Berguna dan mempunyai manfaat

2. Lakukan SEO
Masih bingung tentang SEO? SEO atau istilah lainnyaSearch Engine Optimization merupakan usaha yang digunakan untuk memaksimalkan blog anda di mesin pencari. Blog anda ingin mendapatkan banyak pengunjung? maka jawabannya yaitu "Lakukan SEO", karena untuk mendapat posisi pertama di pencarian, anda harus melakukan hal yang satu ini.

Tapi anda tidak harus jadi ahli SEO agar dapat pengunjung dari seach engine. Dengan memahami dan menerapkan sedikit ilmu SEO menurut saya itu sudah sangat cukup membantu blog anda meningkatkan trafik.
Tetapi jauh lebih keren lagi jika anda sangat paham dan bisa menguasai ilmu SEO. Saya ucapkan beruntung kepada anda yang dapat memahami ilmu yang satu ini :D

3. Blogwalking

Bahasa lain dari Blogwalking yaitu melakukan kunjungan ke blog lain dan meninggalkan komentar.
Untuk para pemula yang sering sekali dilakukan oleh blogger pemula untuk mendapatkan pengunjung, Ya cara yang satu ini.

Blogwalking merupakan cara yang efektif sekali yang dipakai sampai saat ini oleh para blogger.
Selain untuk mendapatkan banyak pengunjung cara ini juga memiliki manfaat yang lain, seperti:

Menjalin hubungan baik antara sesama blogger
Mendapat backlink (faktor penting SEO)
Mendapat inspirasi atau ide
masih banyak lagi.


4. Media Sosial
Pada zaman modern seperti ini banyak orang yang menghabiskan waktu di medsos (media sosial)
Nah, untuk anda para blogger, manfaatkan itu sebaik mungkin untuk melakukan promosi :D
cocok (y)

5. Forum 
Banyak sekali forum-forum yang bertebaran di internet, forum tersebut dihuni orang-orang yang mempunyai hobi tertentu. Nah anda juga perlu memanfaatkan ini, gabung ke forum tersebut.
Tapi ! bergabunglah ke forum yang sesuai topik blog anda.
Hati-hati juga anda jangan berlebihan dalam melakukan promosi di forum itu, karena biasanya banyak peraturan di dalamnya.


6. Social bookmarking
Situs yang satu ini berfungsi membookmark halaman secara online yang ada pada internet. Banyak juga blogger yang memanfaatkan situs ini sebagai tempat mendatangkan visitor dan banklink.

Yang paling terkenal di Indonesia (Lintas.me). Anda dapat mensubmit artikel blog anda ke social tersebut.

7. Tetap Belajar
Tingkatkan terus kemampuan anda dalam dunia blogging. Manfaatkan Google untuk mencari info yang dibutuhkan.

Gabung ke forum-forum, karena selalu banyak tips yang memiliki manfaat untuk pengembangan blog anda.

Jika blog anda sudah mempunyai banyak pembaca setia, maka untuk kedepannya jadikan blog anda sebagai mesin pencari uang :D


Blog anda sebagai sumber penghasilan?

Blog anda sebagai sumber penghasilan? bisa banget. Penghasilan saya juga udah lumayan lah (sekedar untuk memenuhi gaya hidup) hehe.
Meskipun hanya menggunakan platform gratis, tapi jika anda konsisten pada dunia blogger, bukan suatu hal yang ga mungkin untuk mendapatkan suatu penghasilan.

Hanya mengandalkan konsistensi seorang blogger (Nigeria) namanya Linda Ikeji, dia sukses mendapat penghasilan yang cukup besar. Penghasilannya mencapai 300.000.000 / bulan.
Nih alamatnya http://lindaikeji.blogspot.com.

Linda Ikeji yang merupakan seorang blogger dari Nigeria adalah contoh sederhana yang sukses medapatkan penghasilan cukup besar dari blog gratisan dengan bermodalkan konsistensi.


Langkah Awal Jadi Blogger

Apa Linda Ikeji  adalah blogger dengan penghasilan tertinggi di dunia?
Ya bukan bro, jika blogger yang paling tinggi penghasilannya adalah Arianna Huffington.
Penghasilannya mencapai 8M/bulan.
Kereeeennn deh.
ga muluk-muluk deh 100juta juga cukup deh kalau buat saya.
tapi per hari ha..ha..

Langkah Awal Jadi Blogger


Siapa blogger sukses dari Indonesia?
Sebenarnya blogger dari Indonesia sangat banyak yang mampu menorehkan kesuksesannya. Contohnya saja Eka Lesmana, pekerjaan dulunya dia hanya mengurusi bebek-bebek, tapi sekarang penghasilannya mencapai ratusan juta dari blog.


Cara Mendapatkan Uang 
Sebenarnya banyak cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Yang paling poluler contohnya :

1. Jaringan Periklanan
Cara yang paling populer adalah dengan ikut dalam program advertising Networks atau istilah lainnya jaringan periklanan.

Cukup meletakan script / kode pada blog anda dan iklan tersebut akan tampil secara otomatis (setelah mendapat persetujuan dari pihak advertisert).

Bayarannya : setiap kali iklan tersebut di klik oleh orang lain (pengunjung), atau istilah lainnya PayPerClick / PPC.

Advertising paling populer di dunia internet:

  • Google Adsense
  • Chitika
  • Media.net
  • (lokal) IdBlogNetwork
  • DLL..


2. Menjual Ruang Iklan pada blog anda
Selain dengan Advertising Networks, anda juga dapat menawarkan sebuah ruang iklan pada blog anda kepada orang lain.
Harganya pun bisa anda tentukan sesukanya (tapi jangan mahal-mahal entar tidak ada yang mau ) haha.

3. Menjual Produk Sendiri
Salah satu cara yang sedang saya lakukan sendiri di blog ini, yaitu menjual produk sendiri. Jika sobat mempunyai produk sendiri, entah itu berupa produk fisik atau digital, akan sangat mantab jika sobat menjualnya melalui blog.

4. Menjual Jasa 
Untuk dapat penghasilan dari blog, anda juga bisa menjual jasa. Contohnya : menjual jasa menulis konten (untuk anda yang pandai menulis), menjual desain (untuk anda yang pandai membuat desain) dan banyak contoh-contoh lainnya.

5. Mengikuti Program Afiliasi
Apabila anda tidak mempunyai produk sendiri yang bisa di jual, anda bisa mengikuti program afiliasi.

Dengan membantu orang lain memasarkan produk miliknya dan setelah itu anda akan mendapatkan komisi (jika adanya suatu transaksi penjualan)

5 cara yang tertera di atas merupakan sebagian kecil, masih banyak cara-cara lain untuk mendapatkan sebuah penghasilan di dunia internet.

Kesimpulan

Sebenarnya dunia blogger itu tidak sulit asalkan anda mempunyai kemauaan, dan yang paling penting yaitu tetap konsisten. Wajar jika anda awalnya gagal, tapi teruslah berusaha sampai kegagalan itu bosan menghampiri anda :D
Cocok haha..

Wasalam.